Image Article

4 Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Bisnis Online

Data dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) mencatat bahwa terjadi peningkatan transaksi belanja online sebesar 26% selama masa pandemi. Melihat perubahan pola perilaku belanja masyarakat yang kini lebih cenderung berbelanja secara online, perlu adanya kesesuaian yang bisa diaplikasikan pada bisnis.

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan pebisnis adalah kepercayaan pelanggan. Namun, bagaimana kamu bisa membuat pelanggan percaya pada bisnis kamu atau tetap “memelihara” kepercayaan pelanggan tersebut dengan tren saat ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kualitas foto itu penting
Pengalaman berbelanja secara online sangat berbeda jika dibandingkan dengan berkunjung langsung ke toko fisik. Saat pelanggan berkunjung ke toko, mereka bisa langsung melihat dan menyentuh barang dagangan kamu.

Tetapi lain halnya via online, terdapat suatu “missing link” dimana calon pembeli hanya dapat berinteraksi melalui layar. Disitulah foto dan gambar produk yang berkualitas dapat ‘menjembatani’ kebutuhan yang hilang tersebut.

Beri foto atau gambar yang jelas menunjukkan kalau barang yang kamu jual asli dan berkualitas. Kamu bisa mulai dengan lebih memperhatikan tingkat kecerahan gambar yang tepat atau detail produk dari berbagai sisi. Pelanggan bisa tahu ‘niat’ kamu berbisnis dan mempertimbangkan untuk membeli produk kamu hanya dari gambar yang ditampilkan, loh!

Deskripsi produk yang bukan copy+paste
Sama pentingnya dengan kualitas foto/gambar, deskripsi produk dapat memberi keterangan lebih jelas produk yang kamu tawarkan. Deskripsi yang lengkap dan tersusun secara rapi akan memberikan pengalaman membaca yang lebih menyenangkan bagi pelanggan kamu.

Bagaimanapun, pembeli ingin menggali sebanyak-banyaknya informasi dari spesifikasi pada produk yang ingin mereka beli. Oleh karena itu, kamu butuh deskripsi yang sejujur mungkin, sistematis, dan mudah untuk dibaca.

Tak ada salahnya jika kamu bisa mempelajari sedikit ilmu copywriting yang tentunya dapat membantu kamu dalam membuat kata-kata promosi yang tepat bagi pelanggan kamu.

Memiliki website, akun media sosial, dan channel e-commerce lain
Ingat, pelanggan jaman now itu udah pada jago kepo dan melakukan research sebelum membeli suatu produk. Tentunya, bisnis kamu bukan satu-satunya yang menyediakan produk tersebut, mereka bisa mencari secara aktif mencari dan membandingkan produk yang serupa.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan media online yang terintegrasi agar pelanggan kamu lebih percaya kalau bisnis dan produk yang kamu tawarkan ini legit.

Dan juga, memiliki channel penjualan yang tidak hanya bergantung dari website saja, seperti menggunakan online e-commerce, dapat memberikan opsi channel yang lebih banyak kepada pelanggan kamu (anggap aja buka toko cabang 😉).

Integrasi dengan Sistem Pembayaran Online yang terpercaya
Jualan udah online, masa bayar gak online? Itu saatnya bisnis kamu butuh sistem pembayaran online yang terpercaya.

Sistem pembayaran online atau payment gateway merupakan salah satu hal penting yang bisa diaplikasikan pada bisnis kamu. Dengan payment gateway, kamu bisa mengaktivasi lebih dari 40+ metode pembayaran yang tentunya dapat memberikan opsi pembayaran yang lebih banyak bagi pelanggan kamu.

Jangan bingung, kamu bisa gunakan Faspay Business! Layanan payment gateway dari Faspay ini telah dipercaya oleh lebih dari 3000 bisnis di berbagai industri di Indonesia.

Dengan Faspay Business data transaksi kamu lebih terlindungi dengan pendekatan berbasis data dan teknologi canggih. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi sama yang namanya fraud atau pelanggan yang nakal.

Selain itu, Faspay Business juga dapat diintegrasikan ke web dan app sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Daftar sekarang juga, kunjungi link berikut ini!

Related Articles

WhatsApp Image 2020-12-16 at 11.45.51 AM

Tren Perilaku Belanja Online Konsumen Indonesia Selama Tahun 2020

Eddy-Tju-Faspay-Tech-in-Asia-2017.jpg

Faspay at Tech in Asia 2017

EddyTju_Faspay_IndonesiaMaritimeWeek2017.jpg

FASPAY at Indonesia Transport, Logistic and Maritime Week 2017